HEADLINE

PEMICUAN STBM DI DESA TELUK & RANCA TEREUP KECAMATAN LABUAN PANDEGLANG

MASYARAKAT MULAI MENYADARI PENTINGNYA BUDAYA HIDUP BERSIH DAN SEHAT


Labuan, kd

Pemicuan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang dilaksanakan di Labuan membuahkan hasil yang menggembirakan. Ini terlihat dari perubahan perilaku hidup masyarakat di Kecamatan Labuan mulai bergeser ke arah pola yang lebih baik dan sehat.

Pemicuan setelah itu terus dilakukan oleh petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) dari Puskesmas Labuan. Puluhan masyarakat yang terdiri dari ibu ibu PKK dan kader Posyandu sangat antusias mengikuti kegiatan pemicuan di Desa Teluk dan Desa Ranca Tereup, Kec. Labuan. Kedua desa ini termasuk wilayah-wilayah target yang harus di ODF-kan (Wilayah yang terbebas dari perilaku buanga air besar sembarangan).

Materi yang disampaikan pada masyarakat adalah agar mereka menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Konsep yang dipergunakan adalah memicu kesadaran masyarakat secara langsung dengan sebuah aksi treatikal tentang Buang Air Besar (BAB) sembarangan. Sebelum dilakukan pemicuan ini masyarakat setempat masih terbiasa BAB sembaranga (di kebun, di laut, atau muara sungai).

Menurut Muhammad Nursalim, petugas sanitarian dari Puskemas Labuan. Pemicuan ini mesti berlangsung secara kontinyu sampai masyakat benar benar merubah perilakunya. Sebab kegiatan seperti ini sangat berdampak positif bagi perilaku serta kesadaran masyarakat.

Kendati demikian , menurut Muhammad Nursalim, “Program ini masih memeliki kelemahan di sana sini yang mesti dilakukan evaluasi oleh berbagai pihak terkait. Seperti misalnya anggaran yang masih sangat terbatas.” Demikian kata Nursalim.







 (Masyarakat cukup antusias mengikuti pemicuan)

DESA ODF DI KECAMATAN LABUAN


Pemicuan STBM dimulai tahun 2015 untuk Kec. Labuan telah membuahkan hasil yang cukup gemilanga. Ini terbukti dengan sudah ada desa yang  ODF (Open Defecation Free), yakni Desa Banyu Biru yang kini sudah lebih asri dan sehat. Sudah tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar di sembarang tempat. Desa banyu biru, Kec. Labuan ini telah dilakukan 4 kali pemicuan. Hingga kini tetap dilakukan kontrol oleh tenaga Kesling.

HARAPAN PETUGAS KESLING


Kepada media Kabar Dinkes Pandeglang (KDP), Muhammad Nursalim, menyampaikan harapannya agar desa yang telah ODF, Banyu Biru supaya memperthankan target yang sudah dicapai. Ini perlu dukungan dari semua pihak, terutama aparat desa setempat. Sedangkan bagi desa-desa yang belum ODF agar masyarakatnya bisa merubah prilaku ke arah yang lebih sehat, mengikuti jejak Desa Banyu Biru. Semoga ke depan semua Desa di Kecamatan Labuan serta desa desa lain di seluruh Kabupaten Pandeglang juga ODF, sehingga tercipta derajat kesahatan yang baik di wilayah kita (crew)


Tidak ada komentar